Saturday, March 6, 2010

Tips mengatasi Java Lang error pada Blackberry

Pertama kali pake BB, gue ngerasa puas banget, karena bisa memenuhi hampir semua kebutuhan gue yang orang awam ini untuk online. Namun setelah berjalan 2 bulan, gue mulai ngerasa 'mentok' dengan aplikasi standar, dan pengen untuk customized BB gue dengan aplikasi2 gratisan yang tersedia. Dan kemudian mulailah gue install2 aplikasi2 itu, mulai dari themes, domikado, games2, chatting apps, sampe bling2.

Nah, tapi kemudian pada suatu malam gue nemu masalah. Tiba2 di layar muncul tulisan "uncaught exception: java.lang.null pointer application". Dipencet apa2 gakbisa, akhirnya gue cabut batre.
Pas dinyalain lagi, layarnya putih doang. Udah dicabut batre semaleman, paginya hasilnya masih sama.

Setelah tanya sana sini dan browsing sana sini, akhirnya gue nemu penyebabnya, yaitu karena aplikasi tsb ada yg saling crash, atau crash sama OS gue. Gue juga nemu cara "nyembuhinnya", ada 2 macem cara yaitu:
A. Reinstall OS
1. Download OS di PC/ laptop. Bisa OS dengan versi sama, bisa juga versi diatasnya yg existing.
2. Setelah download, buka c:\program files\common files\research in motion\apploader , lalu delete vendor.xml.
2. Nyalain DM (Desktop Manager) di PC/leptop
4. Connect BB ke DM --> disini, DM gak akan ngedetect PIN, jadi klik aja di PIN dan pilih USB, lalu input manual
5. Pilih Backup and Restore - Advanced Backup. Klik apps yang ingin dibackup secara manual, dari kiri ke kanan - save as (inget2 lokasi penyimpanannya).
Note: kalau gue, pilih semua yang ada size nya, tapi BBM walopun tulisannya 0K tetep dibackup.
6. Balik ke menu utama --> Pilih application loader
7. Add aplications - browse OS dari lokasi penyimpanan di PC/ laptop
8. Install OS; ikuti saja prompts nya yang muncul.
Note: disini saatnya bikin kopi, in**mie sama ngudut, hehehe...
Ingat: JANGAN utakatik BB dan kabel USBnya!
9. Setelah selesai, BB akan minta reboot. Ikutin aja, walau agak lama (kira2 10-15menit).
10. Setelah nyala lagi, restore file yang sudah dibackup tadi (point no.5): Dari DM - backup and restore - restore.
11. Masukkan batre lagi, copot BB dari PC/ leptop.
12. Done! Enjoy!

Kalau cara di atas tidak berhasil (DM tetap gak mau nge-detect), maka harus dilakukan:
B. Hard-wipe, caranya:
1. Download aplikasi JL_Commander di PC/ laptop
2. Lakukan step A.1 dan A.2 di atas
3. Cabut batre BB, dan matikan DM.
4. Connect BB (yang lagi sekarat itu) ke PC/ laptop
5. Buka app JL_Cmdr, pilih wipe --> masukkan keyword (blackberry) lalu dia akan me-wipe hh.
Jika susah JL_Cmdr susah untuk nge-detect BBnya, lakukan point diatas berulang kali hingga ia ngedetect BB.
Note: Jangan utakatik BB ataupun kabel USBnya!
6. Setelah selesai, maka BB akan berada dalam keadaan No OS, dan layar akan berwarna putih, dengan tulisan "error 507" alias NO OS.
7. Install OS dengan mengikuti poin2 pada huruf A di atas.
8. Done. Enjoy!

No comments:

Post a Comment